Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Assalamualaikum jumpa kembali di artikel saya selanjutnya, kali ini kita akan membicarakan tentang manajemen pemasaran, konsep yang hangat di bicarakan akhir-akhir ini karena memang perkembangan bisnis di Indonesia semakin pesat dan terus berkembang kea rah yang lebih baik.

Dalam dunia bisnis kegiatan pemasaran merupakan kegiatan inti yang setiap hari dilakukan baik itu perusahaan yang besar atau bisnis skla menengah dan kecil UKM UMKM, karena kegiatan pemasaran ini menentukan perkembangan bisnis yang sedang di jalankan, sejauh mana kegiatan pemasaran ini berjalan dengan baik maka kegiatan usaha pun akan baik, sehingga kegiatan bisnis berjalan dengan lancar dan terus berkembang.

Sebelum kita membahas apa itu pemasaran dan menejemen pemasaran, harus di ingat baik-baik bahwa pemasaran itu bukan melulu jualan, atau hanya berkutat menghitung laba dan rugi

Oke daripada bicara kesana kemari Yuk cari tahu manajemen pemasaran menurut para ahli, dan cara menyusun strategi pemasaran supaya kita bisa menerapkan dalam usaha bisnis kita sehari hari.

Arti dan Pengertian Manajemen Pemasaran

Arti manajemen adalah berasal dari kta manage bahasa Inggris, artinya mengatur sumber daya dengan baik atau Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.( Ricky W. Wikipedia).

Arti Pemasaran adalah Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Wikipedia

Jadi pengertian manajemen pemasaran adalah perencanaan pengaturan pegendalian program yang di rancang untuk aktivitas pemasaran yaitu aktivitas membangun menciptakan dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan bagi perusahaan dengan target pasar dan sasaran tertentu dengan tujuan untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan laba.

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

  • Manajemen pemasaran adalah penganalisaaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980)
  • Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di rancang untuk  membangun dan menciptakan mepertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Amstrong & Kotler)
  • Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and control. Mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah sebuah proses social, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka buruhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
  •  Definisi menurut William J Stanton adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencarakan, menetukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli dan calon pelanggan.
  • American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau user. Asepek ini hanya menekankan aspek distribusi daripada kegiatan pemasaran.
  • Manajemen pemasaran adalah salah satu kegitan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya; berkembang dan mendapatkan laba. Pemasaran dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran juga harus memberikan nilai kepuasan kepada pelanggan untuk kelangsungan perusahaan, atau bagaimana caranya agar pelanggan memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan. (Dharmmesta&Handoko, 1982).

Inti dari Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep inti dari manajemen pemasaran adalah untuk memberikan dan menciptakan kepuasan terhadap apa yang diinginkan pembeli, sehingga seluruh kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Menurut Stanton, 1978, Bahwa konsep pemasaran adalah sebuah Filosofi bisnis yang menyatakan syarat ekonomi adalah memberi kepuasan kepada konsumen bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Sampai disini kita fahami bahwa konsep inti dari manajemen pemasaran adalah memberikan keuasan terhadap pelanggan dan calon pelanggan untuk keberlangsungan kegiatan usaha.

Adapun orientasi konsepnya dituangkan dalam beberapa poin saja :

  •          Market oriented
  •          Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  •          Penilaian terhadap pencapaian tingkat kepuasan konsumen

Jadi hakikat kosep manajemen pemasaran mencakup upaya dan strategi untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Istilah-istilah Penting dalam Pemasaran

  1.  Produk (Barang, Jasa dan Ide) Meliputi segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia baik berupa barang ataupun jasa atau ide. Konsumen diarahkan untuk menyukai produk dan layanan yang ditawarkan dari sisi mutu, kinerja dan cara mendapatkannya. Sehingga manajemen pemasaran diarahkan untuk memperbaiki kualitas kinerja produk, efisiensi dan distribusinya.
  2.  Nilai, Yaitu perkiraan konsumen terhadap suatu produk dalam hal kepuasan yang dirasakan/diinginkan, nilai akan berbeda suatu produk satu dan lainnya di dasarkan pada tingkat kepuasan pelanggan dalam mengeluarkan biaya untuk menggunakan dan memili produk yang diinginkannya.
  3. Biaya, harga yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk menikmati suatu produk
  4. Kepuasan, Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk ( kesesuaian harapan dan kenyataan), Kepuasan (Customer Satisfaction) dan (Percevied Performance) yaitu kesesuaian produk yang digunakan dengan tingkat kepuasan konsumen.
  5. Pasar, Tempat berkumpulnya pelanggan dan potensial pelanggan yang berniat melakukan pembelian terhadap produk yang kita tawarkan.

Merancang Strategi PemasaranMarketing Strategy atau strategi pemasaran adalah proses penentuan target pasar dengan melihat strategi bauran pemasaran yang terkait dengan:

1.  Target market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan mengenai produk yang mereka butuhkan.

2.    Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variable yang disusun oleh peusahaan dalam rangka untuk membangun kepuasan pasar atau target market tersebut. Strategi pemasaran dalam bauran 4p marketing mix adalah empat variable kegiatan yang merupakan inti dari sistim kegiatan pemasaran perusahaan, yaitu :

·         Produk

·         Price (struktur harga)

·         Promotion (Kegiatan Promosi)

·         Place (Sitim saluran Distribusi)

Bauran empat variable marketing mix ini dapat dijadikan landasan untuk merancang Strategi Pemasaran 4p, maksudnya strtegi pemasaran dengan dilandasi oleh 4 bauran pemasaran (marketing mix).

Dari empat variable marketing mix ini bisa di gali lebih dalam mana yang termasuk komponen variable produk, komponen variable harga, komponen variable place (distribusi) dan komponen yang termasuk promotion. Lihat gambar di bawah ini.


Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Kesimpulan

Setelah kita membahas tentang manajemen pemasaran, pengertian dan bagaimana implementasinya ini sebagai point penting dari pembahasan agar mudah di pahami

  • Manajemen pemasaran adalah bagaimana membangun menyusun kegiatan pemasaran sebuah perusahaan agar terjadi pertukaran yang menguntungkan sebagai tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan laba.
  •  Konsep utama Manajemen pemasaran adalah bagaimana untuk membangun dan mempertahankan kepuasan pelanggan atau konsumen untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.
  • Merancang strategi pemasaran dalam manajemen pemasaran meliputi; bagaimana menentukan target market dan mnyusun variable pemasaran dalam bauran pemasaran (marketing mix), supaya perusahaan dapat menguasai pasar.

Demikian Pembahasan singkat manajemen pemasaran menurut para ahli; Merancang Strategi pemasaran4p

Semoga benrmanfaat untuk pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

baca juga : Desain Riset Pemasaran

 

 

 

 

 

2 komentar untuk "Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli"

  1. Jadi dari artikel Kang Asep ini saya jado tahu kalau marketing itu bukan melulu soal nawarkan barang aja.

    Makasih kang

    BalasHapus

Posting Komentar